Tuesday, July 10, 2012

Rain Manipulation

Baiklah teman-teman, kali ini saya akan sharing tutorial bagaimana cara membuat efek hujan, hingga tetesan airnya ala saya sendiri dengan menggunakan tekhnik-tekhnik gabungan yang pernah saya pelajari secara otodidak, jadi mungkin ada perbedaan dengan master-master photoshop dalam membuatnya, ya mungkin ada cara lain yang lebih sederhana, disini saya Cuma mengembangkan tekhnik yang pernah saya pelajari aja, semoga bisa bermanfaat buat temen-temen sekalian. (ingat, tutorial ini ala saya sendiri, jadi kamu bisa mengembangkan atau menggunakan tekhnik lain yang kamu miliki)
Oke langsung aja yuk dimulai, dengan berdo’a dulu… :D
Sediakan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dulu, disini saya menggunakan bahan-bahan yang saya sebutkan dibawah ini, kalian boleh saja menggunakannya, boleh juga menggunakan stcok lainnya, bebas :
Brush Hujan : http://koolkidd77.deviantart.com/art/Rain-Brushes-21298619
Brush air  1 (cipratan air) : http://stock-gallery.deviantart.com/art/Brushes-Water-17474693
Brush air 2 (genangan air) : http://redheadstock.deviantart.com/art/Water-Photoshop-Brushes-37338369
Model : http://mjranum-stock.deviantart.com/art/Lil-White-Goth-Grl-35-79583424
Background : http://ashensorrow.deviantart.com/art/Premade-background-17-124597720
Sudah dipersiapkan semuanya?
Okelah, saya anggap sudah, (maksa) hahaha….
Sekarang open gambar background dan model, croping model (saya anggap sudah bisa croping), kemudian seret (drag) model ke background.


Sekarang buat layer baru diatas layer model, kemudian pilih brush hujan dan tempelkan brush hujan pada layer baru tersebut dengan foreground berwarna putih, jika masih terlihat kasar efek dari brush hujannya, maka kurangilah opacity’nya secukupnya hanya agar tampak lebih terlihat realistis, disini saya menurunkan opacitynya menjadi 65%, kemudian diberi sentuhan Blur, dengan cara Filter -> Blur -> Gaussian Blur, dengan radius 2pixel,
Disini saya membuat dua buah layer untuk hujan,
Yang pertama adalah hujan yang tampak paling depan dengan rintikan agak besar,
Yang kedua adalah hujan yang tampak lebih kecil agak jauh dari pandangan mata.
Membuat dua hujannya dengan 1 brush yang sama, hanya mengatur ukuran brush’nya saja.


Menarik, bukan? He he he…
Mari kita lanjutkan pekerjaan kita yang kita cintai ini… :D
Kita lihat, Bagian rumput dan jalan setapaknya masih terlihat kering, lho…kan sedang hujan,
Tenang, kita kan akan membuat manipulasi, maka langsung saja membuat efek genangan air dengan cara membuat layer baru diatas layer model tapi dibawah layer hujan, lalu tempelkan brush air 2 (genangan air) yang sudah di download tadi di layer yang baru dibuat, letakkan menutupi rumput sebelah kanan dan kiri, dan juga jalan setapak, gunakan warp untuk melengkungkan mengikuti alur jalan setapak.


Untuk memudahkan menggunakan warp efek genangan air pada jalan setapak, hilangkan dulu icon mata pada layer model, agar tidak menutupi pekerjaan kita.
Untuk menggunakan warp ini, ketik CTRL+T pada keyboard kemudian klik kanan pada mouse dan pilih Warp, apabila di aplikasi photoshop kamu belum ada warp, bisa menghapusnya saja dengan menggunakan tekhnik masking atau gunakan eraser  tool juga bisa, yang penting mengikuti alur jalan setapak, itu intinya. (tak ada rotan akar pun jadi :P ).
Klik enter untuk meng’apply efek genangan air tersebut. Sudah? Kurangi opacitynya sesuai selera agar terlihat lebih terlihat real.


Nah, sekarang coba pikirkan, namanya air jatuh pasti ada percikannya kan? Oke, buatlah percikan airnya dengan Brush yang sudah di download tadi (SS_Water), sebanyak mungkin di jalan setapak, Lihat gambar :
 *Klik pada gambar untuk memperbesar

Bersambung ke Part2

1 komentar:

Unknown said...

link nya gak bisa di copas

Post a Comment

Komentar anda menunggu moderasi terlebih dahulu, terima kasih.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger