Tuesday, July 10, 2012

Rain Manipulation Part 2

Sekarang kita akan melanjutkan dengan membuat percikan air pada tubuh model maupun biola yang dibawanya, caranya gunakan brush percikan air, pilih saja yang menurut kalian pas sebagai percikan air, lalu letakkan brush pada layer baru tersebut, biarkan imajinasi kalian bermain, saya Cuma kasih gambaran besarnya aja, liarkan imajinasi kalian sendiri, biarkan imajinasi liar jangan di tahan…..


Kalau sudah, hapus bagian yang tidak perlu dengan menggunakan tekhnik masking dengan layer mask, lihat tutorial masking disini. Kalau sudah di hapus bagian yang tidak diperlukan, perkecil ukurannya menyesuaikan ukuran tubuh model,  maka kita akan mendapatkan hasil seperti ini : 



Buatlah hal serupa dengan tekhnik yang sama, ditempat-tempat sekiranya jatuhnya air di tubuh model bisa memercik, termasuk pada biola yang di pegang model tersebut.
Ini lah hasil yang saya dapat, (kamu harus lebih bagus dari yang saya punya dong) :




Sekarang kita akan memberikan kesan basah pada tubuh model, caranya yaitu (lihat gambar) :



Nanti akan muncul window baru, seperti gambar di bawah ini, kamu cukup member tanda ceklist pada “ Use Previous layer to create clipping mask” lalu tekan OK. Sudah?



Kurangi opacitynya menjadi 33% dan pilih kotak layer mask pada solid color tersebut (klik kiri), lihat gambar :



Hapus bagian gelap model, disini saya menghapus bagian kiri, karena cahaya datang dari kanan model.
Selanjutnya, kita akan membuat tetesan air yang jatuh dari tubuh model, caranya yaitu buat layer baru dibawah layer model (masih diatas layer Background) kemudian tekan ctrl+klik kiri pada kotak image (Layer Thumbnail) di layer model, gunanya untuk menseleksi model.



lalu tekan alt+del pada layer baru dengan menggunakan foreground berwarna putih.



Silahkan namai layer baru tersebut dengan nama “Tetesan air” ingat lho ‘tetesan’ bukan ‘titisan’ hehehe.
Kalau sudah, silahkan gunakan smudge tools untuk membentuk tetesan air pada model tersebut, gunakan pada layer tetesan air. Dan saya mendapat hasil seperti gambar dibawah ini :



Masih kurang berasa yaa kesan basahnya, mari kita buat kesan basah, dengan cara membuat layer baru dan langsung saja beri nama “basah” letakkan diatas layer model, lalu gunakan brush dengan warna putih, oleskan disekitar pinggiran model, lihat gambar : 


 Sekarang gunakan smudge tools untuk mengeditnya, gosok saja gunakan feeling kamu agar berkesan basah, saya mendapat hasil seperti ini : 



Tahap akhir, Saya akan mem-basah-kan lagi si model agar berasa basahnya, karena saya melihatnya masih kering lho, hehehe, caranya yaitu buat layer lagi (kebanyakan layer yaa).
Layer baru tersebut di letakkan di atas layer model, beri nama “basah 2”, tekan ctrl+klik kiri pada layer thumbnail di layer model (menseleksi), lalu tekan alt+del untuk mengisi area seleksi dengan warna putih
Kurangi opacity-nya dan klik icon add layer mask  untuk masking gambar, dan hapus bagian gelap atau bagian yang membelakangi jatuhnya hujan.



Selesailah sudah pekerjaan kita.
Saran saya, gunakan imajinasi kamu, kalau ada cara saya yang kurang di mengerti  gunakan saja tekhnik-tekhnik yang pernah kamu pelajari. Selamat berphotoshop ria :)


0 komentar:

Post a Comment

Komentar anda menunggu moderasi terlebih dahulu, terima kasih.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger