Friday, August 20, 2010

Efek Text Warna-Warni



Kali ini saya akan menunjukkan cara membuat efek berwarna-warni, dengan menggunakan aplikasi Photoshop tentunya ^_=.

Yupz kita langsung mulai saja,tanpa basa basi :

Buatlah Document Baru dengan ukuran 800 x 600 pixel, lalu beri Fill dengan menggunakan warna Hitam.


Gunakan Horizontal Type Tool untuk menuliskan text, gunakan warna putih dulu untuk awal,  disini saya menggunakan pengaturan text sbb:



Saya anggap anda sudah bisa membuka pengaturan karakter diatas ^_=
Untuk font, saya menggunakan Calligrapher, kalau anda belum punya, silahkan download disini.
Jika sudah, maka hasil awalnya akan terlihat seperti dibawah ini :

Setelah itu kita akan Rasterize dengan cara pilih Layer – Rasterize – Type, lalu pilih Rectangular Marquee Tool, dan mulailah menseleksi huruf satu persatu, lalu tekan Shift+Ctrl+J untuk memotong layer dan meletakkannya pada layer baru secara otomatis.

Sudah? lanjutkan ketahap berikutnya, yaitu berilah warna pada huruf ‘i’ yang sudah berada pada layer baru tersebut, Layer – Layer Style – Color Overlay,  dengan pengaturan sbb :


Kita akan mendapatkan hasil sbb :

Selanjutnya ulangi seleksi dan memotongnya pada huruf berikutnya seperti langkah sebelumnya dan beri warna yang berbeda sesuai selera kalian, disini saya mengisi dengan warna : # 0078ff , # 00ffb4, # 00ff36, # fff000, # ff9600, #  ff3600, # ff002a, # ff00ae, #  c600ff, # 0024ff,
Dan saya mendapat hasil sbb :

Kalau sudah seperti diatas, kita lanjutkan langkah selanjutnya, yaitu Gabungkan semua Layer huruf dengan cara Pilih Layer – Merge Down atau tekan Ctrl+E pada Keyboard, jika sudah Duplikat Layer yang sudah digabungkan(Ctrl+J), dan aktifkan layer dibawahnya lalu beri Filter – Blur – Motion Blur, dengan pengaturan sbb :


Dan kita akan mendapat hasil seperti dibawah ini :

Sudah Puaskah? Saya berarap anda belum puas sampai disini, karena kita masih bisa melanjutkan kelangkah berikutnya, yaitu aktifkan layer Copynya dan pilih Select > Load Selection lalu pilih Rectangular Mrquee Tool, sambil tekan Alt  pada keyboard seleksilah setengah bagian dari huruf-huruf tersebut, gak ngerti yah?  begini ni maksudnya :


Nah, inilah tahap akhir dari pekerjaan kita, beri Gradient White to tranparant pada area yang diseleksi tersebut dan turunkan opacitynya, dan kita akan mendapatkan hasil akhir seperti ini :

Lanjutkan Imajinasi kalian, karena kalian diberikan hak berkreasi dengan imajinasi kalian sebebasnya, Tapi gunakanlah dengan bijak…….Selamat berkreasi dan Semoga bermanfaat :)


 by : dwiprazetyo

3 komentar:

Anonymous said...

mantabz,,,,
thnx bro,,, :)

Anonymous said...

yg lengkap donk klo buat cara"y. .ada yg ga ngerti'y. .
ortodidak soal'y nii belajar'y......

Unknown said...

waduuuhhhh,,,,kamu bener banget (siapapun kamu),,,
tutorial saya emank gak lengkap,,,dan itu bukan karena TIDAK SENGAJA, tahukah kamu hai anonim,,,saya pun otodidak,,, gak ada yang yang ngajarin saya,,, guru saya adalah tutorial, itu pun berbahasa inggris, sedangkan saya krisis bahasa????dan gak lengkap seperti tutorial saya ini, jadi saya cuma ngikutin jejak master² saya, dimaksudkan supaya pikiran kita gak terbatas hanya mengikuti tutorial,,,coba sedikit di renungi,,,,hehehe,,,,btw,,,,thnx bro atas masukannya,,,itu bisa jadi pertimbangan,,,
semoga kamu bisa jadi lebih baik lagi dari saya ^_=

Post a Comment

Komentar anda menunggu moderasi terlebih dahulu, terima kasih.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger